Siswa diajak bermain denganberagam bentuk bangun. Bangun-bangun tersebut diberi nama orang lalu diletakkan di dalam kardus bekas, dikocok dan siswa kemudian berlomba mencarinya.
Tujuan
Mengenalkan pengetahuan tentang bangun
Peserta: Individu
Usia : 4-7 tahun
Waktu : 5 menit
Lokasi : Fleksibel
Bahan : Gambar bangun Segi tiga, persegi panjang, prisma, dan lingkaran.
Prosedur
1. Guru menerangkan terlebih dahulu masing-masing bangun dengan mengidentikkan ke dalam suatu nama, misalnya:
- Segi tiga diberi nama Siga
- Persegi panjang diberi nama Ginjang
- Prisma diberi nama Prispris
- Lingkaran diberi nama Ling-ling
2. Setelah itu, seluruh gambar bangun dimasukkan ke dalam kotak undian untuk dikocok
3. Tiga anak kemudian dipanggil maju untuk memilih bangunan yang diperintahkan guru. Misalnya jika guru memerintahkan dengan ucapan: Jemput Ling-ling, maka siswa harus dapat menemukan bangunan lingkaran.
Variasi
Selain disuruh mengambil siswa bisa juga diperintahkan untuk melukis bangunan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar