/* CURSOR CCS GENERATOR - BLOGTUTORIALS-01.BLOGSPOT.COM */ body { cursor:url("http://cursor.com/images/85a.gif"),default;}
RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Jumat, 10 Januari 2014

Drama Komedi Untuk Perpisahan Kelas 6

     Sebelumnya saya mau cerita sedikit tentang perpisahaan kelas 6. Waktu itu saya 'dipasrahi' Kepala Sekolah SD N Ngluwar 2 (Wastiasih, S. Pd) untuk melatih kelas 6 dalam menampilkan sesuatu waktu perpisahan, nah kelas 6 request untuk menampilkan drama. Padahal, waktu menuju perpisahan tinggal satu minggu. Akhirnya saya mencari drama komedi untuk anak di youtube. Dengan sedikit mengganti adegan dan kata-katanya, saya melatih mereka dengan semangat membara. haha. 
      Kami, saya dan murid-murid kelas 6, membuatproperti sendiri dengan kreasi ala kami yang rela lembur berhari-hari. Tapi sayangnya, saya tidak bisa melihat penampilan mereka secara langsung karena waktu itu bersamaan dengan UTS. Sedih. Tapi itu semua kembali lagi ke prinsip saya untuk mengutamakan kuliah daripada kerja.
    Berikut naskah drama "Cinderelek" yang diadaptasi dari cerita anak (dongeng) "Cinderela". Semoga dapat menjadi inspirasi untuk anda, guru maupun calon guru Indonesia :)


DRAMA KOMEDI “CINDERELEK”

Moderator              : Ihsan, wulan
Pemain                   :
Cinderelek             : Astri
Pangeran                : Habib
Ibu Peri                  : Ima
Ibu Titi                   : Putri
Saudara Tiri           : Dewi      
Pengawal               : Rusdi, Rohim, Muhfid,
Pembaca Berita      :
Rakyat                   : Fajar

Assalamualaikum Wr. Wb
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga kita bisa berkumpul di acara tahunan perpisahan kelas 6 ini. Amin. Kami dari kelas 6 akan menampilkan sebuah drama  komedi berjudul “CINDERELEK”. Before it, let me introduce my self as a moderator. I am Ihsan, and i am Wulan. Sugeng mersani.

Once upon a time there was a girl. Her named is Cinderelek.

Ciderelek: Daritadi aku sudah keliling, tapi kenapa ya aku tidak menemukan alamat ini?apa mungkin ini alamat palsu?
-lagu alamat palsu-
Cinderelek: Tega-teganya kedua kakakku membohongiku
-peri datang-
Peri: Kamu kenapa Cinderelek? Apa ada masalah lagi?
Cinderella: Iya Ibu Peri. Aku dilarang pergi ke pesta dansa oleh kedua kakak dan ibu tiriku.
Peri: Terus kenapa kau ada di sini?
Cinderelek: Aku dibohongi oleh kedua kakakku. Mereka menyuruhku mengambil baju pesanan mereka tapi mereka memberiku alamat yang palsu. Mungkin mereka ingin aku tidak ikut ke pesta itu. Aku sadar aku nggak pantas datang ke pesta itu.
Peri: Tenanglah..! Ibu Peri akan membantumu. Penontoonn....tolong dibantu yaa 2x
Penonton: Bim Salabim jadi apa prok prok prok
Cinderelek: Waahh indah sekaliiii...terimakasih Ibu Peri.
Peri: Pergilah ke pesta dansa itu sekarang dan ingat, kamu harus pulang sebelum jam 12 malam.
Cinderelek: Iyooo
Ibu tiri>Kakak Tiri>Rakyat>Tani (dalam pesta)
Pangeran di kerubungi Saudara dan Ibu Tiri
Sesampainya di pesta dansa, Cinderelekpun masuk dan seketika itu semua mata tertuju padanya.
-lagu i heart u (smash) akustik-
Pangeran: Ternyata benar ya, matahari itu ada 3.
Cinderelek: Lhoh, kok bisa?
Pangeran: Iya. Satunya ada di langit, duanya ada di mata kamu.
 Penonton: cieeeee
-lagu dangdut-
-jam 12-
Jam pun berdentang menunjukkan tepat jam 12 malam. Dengan tergesa-gesa Cinderelek meninggalkan pesta dansa. Tanpa ia sadari sepatu kacanya terlepas.
Pangeran: Heiii..tunggu. sepatu kacamu..mu..mu..mu
(Menunjuk pengawal): Pengawal, saya tugaskan kamu untuk membubarkan pesta dansa karena saya ingin mencari pasangan kaca ini.
Pengawal: Baik pangeran.
Pengawal: Ehhmm. Mohon perhatian. Atas perintah dari pangeran pesta dansa ini kami bubarkan.
Rakyat: yaahhhh (kecewa)
Keesokan harinya Pangeran  beserta pengawalnya mendatangi setiap rumah gadis yang diundang kemarin bertujuan untuk mengetahui dan menjadikan gadis pemilik kaca itu sebagai istrinya.
Pengawal: (ketuk pintu). Tok Tok Tok. Saya pengawal kerajaan Similikitik
Cinderelek: Oh. Silakan masuk
Ibu Tiri: Siapa itu? Sana kamu masuk (medorong cinderelek)
Pengawal: Saya pengawal Kerajaan Similikitik ingin mencari pemilik pasangan kaca ini. Apakah putri anda bisa mencoba pasangan kaca ini?
Ibu Tiri: Ow.dengan senang hati. Silakan..silakan
Sdr Tiri: Aduuh Aduuh..kekecilan nyak !
-gelas pecah-
Pangeran: Suara apa itu?
Ibu Tiri: Gaswat! Kalau sampai Cinderelek mencoba sepatu kaca itu dan ternyata cukup bagaimana?
Sdr Tiri: Bisa-bisa dia akan menjadi istri Pangeran itu.
Ibu: Dan Enyak nggak mau kalau itu sampai terjadi
Pangeran: Siapa kamu?
Cinderelek: Saya Cinderelek. Ada perlu apa ya Pangeran datang kesini?
Pangeran: Maukah kau mencoba kaca ini?
Pengawal: Yang benar saja Pangeran? Dia kan Cuma pembantu. Bau, jelek, kumal, hidup lagi! Mana mungkin dia gadis yang Pangeran cari?
Pangeran: Sudah sudah.. jangan banyak bicara (bicara dengan pengawal). Maukah kau mencoba kaca ini? (memohon kepada cinderelek)
Cinderelek: Tapi Pangeran...
Ibu: Maaf Pangeran, dia kan hanya pembantu di rumah ini.
Pangeran: Siapapun boleh mencoba kaca ini.
Oh my God, tak kusangka, kaulah gadis yang selama ini kucari.
Adik: Nggak mungkiinn. Nggak mungkiinn. Nggak mungkin semua ini tejadi !
Ibu: Pokoknya aku nggak terima. Aku nggak terima. Aku nggak aaaakan terima.
Selang beberapa minggu kemudian Pangeran dan Cinderelek pun bertunangan.
-lagu- semua keluar
Pembaca berita: Itu tadi drama Cinderelek yang menemukan pasangannya. Saya Putra Banana. Sampai jumpa.
-The End- 

     Itu tadi naskah drama kelas 6 SD N Ngluwar 2 yang ditampilkan saat perpisahan. Karena drama tersebut bersifat komedi, jadi secara otomatis mengundang gelak tawa para penonton dengan ditambah efek musik sesuai dengan situasi dan kondisi dialognya. 
     Selesai drama, ada pembacaan puisi perpisahan dari salah satu murid kelas 6, dengan iringan nyanyian murid kelas 6 yang lain. Nah, saat pembacaan puisi ini, semua kelas 6 dan  sebagian besar tamu undangan menitikkan air mata karena memang suasana menjadi haru.

PERPISAHAN

Enam tahun adalah waktu yang singkat,
Untuk aku belajar huruf demi huruf,
 angka demi angka.
Enam tahun adalah waktu yang singkat,
Untuk mengenal gelak tawa,
gurau hingga tangis kecil kita.
Enam tahun adalah waktu yang singkat,
Untuk membuat kita rindu masa-masa di sekolah ini.
Sesaat setelah ini
Tak kutemui lagi sosok wibawa guruku,
Yang begitu sabar membimbing dan mendidikku.
Sejak kepompong hingga menjadi kupu-kupu,
Mendorongku untuk mengejar cita-cita.
Sesaat setelah ini…
Tak kutemui lagi, sosok riang, usil dan penuh canda
Sahabat-sahabatku tercinta.
Tak kutemui lagi, wajah manis dan cemberut ibu kantin,Tiap kali aku menumpahkan minuman di mejanya.
Perpisahan ini harus terjadi,
 walau berat aku ungkapkan, Kadang kesedihan selalu mengirinya,
 Namun jangan membuat kita menangis.
Perpisahan bukan akhir dari segalanya,
Karena suatu hari nanti,
Kita pasti akan bertemu kembali.
Terima kasih Guruku,
Engkau adalah pahlawanku, sekarang dan selamanya
Terima kasih sahabatku tercinta,
Kita boleh berpisah, namun aku akan selalu merindukan kalian.


Demikian penampilan dari kelas 6. Semoga dapat diambil hikmah dari penampilan kami. Thank you for your attention.
Wassalamualaikum, Wr. Wb

Sekarang, mereka sudah melanglang buana mencari bekal masa depan sesuai arah hati masing-masing. Semoga mereka tetap menjadi murid-muridku yang selalu ceria. Menjadi pribadi lebih baik lagi, pantang menyerah dalam mencari ilmu. Good Luck untuk alumni SD N Ngluwar 2 (2012).
 


10 komentar:

Unknown mengatakan...

iiihhhh....bagus....makasih ya....

RanYuzz Mutiara mengatakan...

kurang greget

Unknown mengatakan...

bagus baget mbg ceritanya

Unknown mengatakan...

Hahaha.. keren,

Unknown mengatakan...

Keren^^

misbahul munir mengatakan...

ijin copas gan..
kasusnya hampir sama,,
ini tinggal 4 hari bahkan hari H,,
sangaaat membantu,,

mujiono mengatakan...

makasih naskahnya keren

Unknown mengatakan...

MAKASIH GAN

Anonim mengatakan...

lumayan bagus

Anonim mengatakan...

Lucu dan keren , izin copy ya gan

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Fery Mirnawati Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes