/* CURSOR CCS GENERATOR - BLOGTUTORIALS-01.BLOGSPOT.COM */ body { cursor:url("http://cursor.com/images/85a.gif"),default;}
RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Jumat, 10 Januari 2014

BOLA


1.    Pengertian
Bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama. Bola dapat di bentuk dari bangun setengah lingkaran yang di putar sejauh 360 pada garis tengahnya.
Dalam geometri, bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama. Bola hanya memiliki 1 sisi.

Bola memiliki beberapa sifat, di antaranya yaitu: memiliki satu sisi berbentuk bidang lengkung atau selimut bola, tidak memiliki rusuk dan titik sudut. Unsur- unsur dari sebuah bola hanya berupa selimut saja.
Ciri-ciri bola, antara lain:
a. Bola merupakan bangun ruang berbentuk setengah lingkaran diputar mengelilingi garis tengahnya,
b.    Bola mempunyai 1 sisi dan 1 titik pusat,
c.    Sisi bola disebut dinding bola,
d.   Bola tidak mempunyai titik sudut dan rusuk,
e.    Jarak dinding ke titik pusat bola disebut jari-jari,
f.     Jarak dinding ke dinding dan melewati titik pusat disebut diameter.
2.      Rumus
Luas Permukaan Bola
Pada tahun 287-212 M seorang matematikawan yang bernama Archimedes telah menemukan rumus permukaan bola. Hal ini tertuang dalam karyanya yang berjudul “On Sphres And Cylinders“. Archimedes menyatakan dalil yakni “Sebarang tabung yang alasnya kongruen dengan lingkaran terbesar pada bola dan tingginya sama dengan diameter bola, luas permukaan tabung itu sama dengan satu setengah kali luas permukaan bola”.
Penjelasan dalil itu merupakan bahwa perbandingan luas permukaan bola dengan luas permukaan / sisi ( termasuk sisi alas dan atas tabung terkecil yang muatannya adalah 2 : 3
Luas permukaan  bola = luas selimut tabung
= 2πrt
= 2πr x 2r
= 4πr2
Jadi di peroleh :
Luas permukaan bola = 4πr2
Untuk menemukan luas selimut bola dapat juga digunakan dengan percobaan sebuah jeruk yang dibelah dua, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.    Potonglah jeruk menjadi dua bagian yang sama besar
b.    Ukurlah diameter ( garis tengah ) jeruk
c.    Gambarlah dua buah lingkaran yang diameternya sama dengan diameter jeruk, dlingkaran = djeruk
d.  Kupas potonglah kecil-kecil kulit jeruk dari belahan jeruk yang berbentuk setengah bola tersebut
e.  Tempelkan potongan kulit jeruk dari satu belahan jeruk pada dua lingkaran yang diameternya sama dengan diameter jeruk. Potongan kulit jeruk tersebut akan menutupi seluruh permukaan kedua lingkaran .
Volume BoIa
Buatlah dua buah kerucut dengan jari-jari r dan tinggi t. Jika dilakukan percobaan dengan menuangkan cairan pada kedua kerucut sampai penuh, kemudian cairan dari kedua kerucut tersebut dituangkan dalam setengah bola maka cairan tersebut tepat memenuhi bentuk setengah bola. Dari percobaan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.Volume bola =4/3πr3 dengan r = jari-jari bola.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Fery Mirnawati Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes