/* CURSOR CCS GENERATOR - BLOGTUTORIALS-01.BLOGSPOT.COM */ body { cursor:url("http://cursor.com/images/85a.gif"),default;}
RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Selasa, 17 Desember 2013

Keterampilan Menulis (Writing Skills)


erPengertian menulis menurut beberapa ahli:
  1. Djuharie (2005: 120): Menulis merupakan suatu keterampilan yang dapat dibina dan dilatih.
  2. Ebo (2005:1): Menulis itu dapat dilakukan oleh setiap orang dengan cara dibina dan dilatih.
  3. Pranoto (2004; 9): Menulis berarti menuangkan buah pikiran kedalam bentuk tulisan atau menceritakan sesuatu kepada orang lain melalui tulisan. Menulis juga dapat diartikan sebagai ungkapan atau ekspresi perasaan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dengan kata lain, melalui proses menulis kita dapat berkomunikasi secara tidak langsung.
  4. Gebhardt dan Dawn Rodrigues (1989: 1): Writing is one of the most important things you do in college. Menulis merupakan salah satu hal paling penting yang kamu lakukan di sekolah.
  5. Djago Tarigan dalam Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009: 5): Menulis berarti mengekpresikan secara tertulis gagasan, ide, pendapat, atau  pikiran dan perasaan. Lado dalam Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009: 5) juga mengungkapkan pendapatnya mengenai menulis yaitu: meletakkan simbol grafis yang mewakili bahasa yang dimengerti orang lain.
  6. Heaton dalam St. Y. Slamet (2008: 141): Menulis merupakan keterampilan yang sukar dan kompleks.
  7. Henry Guntur Tarigan (1986: 15): Menulis dapat diartikan sebagai kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai.
  8. Barli Bram (2002: 7): In principle, to write means to try to produce or reproduce writen message. Barli Bram mengartikan menulis sebagai suatu usaha untuk membuat atau mereka ulang tulisan yang sudah ada.
  9. Gould, Robert DiYanni, dan William Smith (1989: 18): Writing is a creative act, the act of writing is creative because its requires to interpret or make sense of something: a experience, a text, an event. Menulis adalah perilaku kreatif, perilaku menulis kreatif karena membutuhkan pemahaman atau merasakan sesuatu: sebuah pengalaman, tulisan, peristiwa.
  10. M. Atar Semi (2007: 14) dalam bukunya: Menulis adalah suatu proses kreatif memindahkan gagasan ke dalam lambang-lambang tulisan.
  11.  Burhan Nurgiantoro (1988: 273): Menulis adalah aktivitas aktif produktif, yaitu aktivitas menghasilkan bahasa.
  12.  McCrimmon dalam St. Y. Slamet (2008: 141): Menulis merupakan kegiatan menggali pikiran dan perasaan mengenai suatu subjek, memilih hal-hal yang akan ditulis, menentukan cara menuliskannya sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah dan jelas. St. Y. Slamet (2008: 72) sendiri mengemukakan pendapatnya tentang menulis yaitu kegiatan yang memerlukan kemampuan yang bersifat kompleks.
Menulis merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa ragam tulis yang bersifat produktif. Menulis dapat dikatakan keterampilan berbahasa yang paling rumit diantara jenis-jenis keterampilan berbahasa lainnya. Ini karena menulis bukanlah sekadar menyalin kata-kata dan kalimat-kalimat; melainkan juga mengembangan dan menuangkan pikiran-pikiran dalam suatu struktur tulisan yang teratur.
Berikut ini keterampilan-keterampilan mikro yang diperlukan dalam menulis, penulis perlu untuk:
  1. Menggunakan ortografi dengan benar, termasuk di sini penggunaan ejaan;
  2. Memilih kata yang tepat; 
  3. Menggunakan bentuk kata dengan benar; 
  4. Mengurutkan kata-kata dengan benar; 
  5.  Menggunakan struktur kalimat yang tepat dan jelas bagi pembaca; 
  6. Memilih genre tulisan yang tepat, sesuai dengan pembaca yang dituju; 
  7. Mengupayakan ide-ide atau informasi utama didukung secara jelas oleh ide-ide atau informasi tambahan;
  8. Mengupayakan terciptanya paragraf dan keseluruhan tulisan koheren sehingga pembaca mudah mengikuti jalan pikiran atau informasi yang disajikan; 
  9. Membuat dugaan seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca sasaran mengenai subjek yang ditulis dan membuat asumsi mengenai hal-hal yang belum mereka ketahui dan penting untuk ditulis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Fery Mirnawati Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes